Argobel’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

ADENIUM sang Bunga Kuburan August 29, 2008

Filed under: Tips tanaman — argobel @ 10:35 am

Kerajaan : Tumbuhan
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Gentianales
Famili : Apocynaceae
Genus : Adenium
Spesies : A. obesum

Sebulan Yang lalu ane membeli bibit adenium dari teman di Genta (Perum Genta maksudnya..) dengan harga yang relatif murah. Ane baru tahu belakangan tahun2 ini aja kalau bunga ini lagi booming. Dulu mana ada bunga adenium yang notabene bunga kuburan menjadi tanaman hias yg bernilai jual tinggi. Kata orang tua Pamali (gal ilok….basa jawanya) menanam bunga adenium alias Kamboja di rumah.

Entah apa alasannya pada waktu itu. Yang jelas bunga kamboja banyak ditanam di kuburan atau kampung akherat istilah keren…nya…hi…hi

Batang2nya hanya di potong terus di tancapkan diatas makam begitu aja langsung tumbuh dengan suburnya, barangkali krn ada pupuk fosil kerangkanya kaleeee…

Sekarang sudah lumayan kelihatan bonggolnya, oh ya adenium ini di tonjolka adalah bonggol bawahnya.Ada yang menyerupai hutan belantara dan ada yg menyerupai hewan dsb…

Seminggu setelah beli lansung ane pindah potnya ke pot yg agak besaran dikit, wah tapi sayang karena belum ada pengetahuan jadi mati deh….satu pohon.

Bibit yang ane beli baru setingi 3 cm. Sekarang sudah lumayan. Media tanahnya adalah sekam bakar yg banyak dijual di pedagang tanaman hias dicampur dengan pasir kasar dengan perbandingan 1:1.

Dalam proses pemindahan yang harus di perhatiakan adalah

1. Pindahkan pohon kalau tanaman tsb sudah kering karena akan dengan mudah tercabut beserta media tanahnya, jadi akar gak rusak.

2. Jangan sampai batang nya terguncang dengan keras.

3. Adenium hanya perlu dipindahkan potnya jika sudah memecahkan potnya yang lama, atau tampak bonggol gendutnya memenuhi pot lama.

Kesalahan yang sering dijumpai oleh banyakorang adalah ingin adeniumnya cepat besar dengan menanamnya diwadah yang sangaaaat besar sekali. Hal ini hanya menyebabkan akarnya berkeliaran kesana kemari, dengan bentuk lurus, lurus, tidak berbelit menggumpal.

Keuntungan penggunaan pot yang tidak terlalu besar adalah akar dapat berbelit sempurna secara bertahap, sehingga kita nantinya akan memperoleh bonggol akar yang sempurna.

Selain itu dengan media yang terbatas, pemakaian media juga hemat, dan penyiraman menjadi mudah, sehingga air dapat membasahi seluruh media dengan sempurna, perakaran si bonggol berkembang merata dan optimal.

Dengan Pot yang tidak terlalu besar, kita dapat mudah mengangkat untuk memindahkannya, disamping mengetahui beratnya untuk merasakan apakah adenium kita sudah saatnya disiram atau masih berat karena medianya basah. Disamping Pemupukan juga lebih irit dan efisien.

Oh..ya penyiraman adenium tergantung juga ama cuaca, structur media tanah arah angin (emangnya ramalan cuaca…), karena jika terlalu lembab akan membuat akar cepat membusuk. Biarkan dia kering dulu dengan cara mengangkat pot tersebut, kalu ringan berarti dia sudah kering baru boleh di siram dengan merata.

Untuk info selengkapnya bisa buka website ini:

http://bijiadenium.com/ dan http://myadenium.com

Sekian dulu deh tips minggu ini, akan ada tips2 berikutnya…….

 

3 Responses to “ADENIUM sang Bunga Kuburan”

  1. Tigis Says:

    wah brarti bung Argobel skrg sontak kaya raya donk punya beberapa taneman kuburan ini🙂
    @argobel: amiiin…. do’a nya aja bos, yg ane punya masih yg kecil itu.Ntar tunggu 2 taon lagi kali…

  2. prast Says:

    adenium bukan bunga kuburan..yg bunga kuburan itu plumeria..emang hampir sama bentuknya tp beda jauh..

    adenium butuh cahaya langsung..klo baru repotting jangan dikenain cahaya scr langsung..cukup taruh di teras.

    yg bonggol gede itu adenium obessum.
    klo versi lokal di marchelia banyak..klo mau ke rumah aja..tp jangan lupa bawa pot yg gedean 1..krn itu barternya pake pot..hehe
    @rgobel: hee.he,,..akhirnya comment juga bung Prast….tergelitik dengan kontroversi judul yg ane bikin ya…thanks atas commentnya ha…ha….btw, gak bisa barter pakai mangkok soalnya udah gak ad pot lagi…huak..huak…..

  3. solvapotter Says:

    salam..

    saat ini saya menjual CD cara berkebun adenium yang benar, hanya dengan harga 60 ribu/CD (sdh msk ongkos krm). CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknya langsung di lapangan. dan ada juga buku panduannya (berwarna + bergambar) harga 60 ribu.

    jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s