Argobel’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Ayo………..sekolah.. August 15, 2008

Setahun terakhir ini banyak muncul yang namanya PAUD. Pertama kenal istilah itu terasa asing , hinga suatu hari ada kawan yg membuka sekolah PAUD ini.

Dan gak terasa udah 3 bulan anak saya yang kedua sekolah di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang lokasinya gak jauh dari perumahan komplek elit (baca : ekonomi sulit….) masih didlm komplek perumahan puskopkar.

Alhamdulilah sekarang udah mulai bisa baca kata demi kata.

Wah memang gak nyangka dengan metoda yg digunakan di PAUD tsb rata2 teman2nya pada udah bisa baca biarpun ya ….masih grodal gradul….he…he(ngerti gak….?)

Kata kawan saya itu yg sekaligus sebagai Kepseknya bahwa target satu tahun belajar ank2 sudah bisa CALITUNG ( wah apaan lagi…tuh), alias BAca TuLis dan berhiTUNG tingkat dasar.

Metoda baca di PAUD tsb adalah cantol Roudhoh, yaitu metode yg ngedepankan hafalan, tau khan bahwa usia anak2 adalah usia hafalan yang lagi kuat-kuatnya.

Padahal kalau saya bandingkan dengan kakaknya yang sekolah di TK dulu yg namanye baca tulis itu gak diharuskan bisa. Yang saya tahu TK itu gak ada kurikulum untuk ajar baca tulis,

Tapi runyamnya kalau mau masuk SD yg Swasta dan agak bagusan mutunya , anak harus melalui serangkaian ujian….ya boleh dikatakan test ujian masuk SD. Jadi deh terpaksa kakanya saya masukkan bimbel baca tulis…

Ya…kita khan tahu juga yg namanya bimbel itu beaya mahal….paling gak lebih mahal dari spp sekolahny. Dengan PAUD ini sudah murah meriah plus diajarkan juga tambahn belajar ngaji…total SPPnya ya…sekitar 50 ribuan. Uang pendaftarannya pun gak mahal kok.

photo mereka lagi berbaris sebelum masuk kelas , ini adalah pelajaran tentang disiplin kale……gak hanya PNS atau tentara aja yg baris, setelah baris dan senam sedikit anak2 di berikan pertanyaan ringan …yg bisa jawab boleh masuk kelas

photo lagi bersih-bersih , sedini mungkin diajarkan tentang kebersihan , 5R nih………yee

Mejeng bareng didepan sekolah

PROFIL PAUD DZAKY

Sebagai salah satu lembaga pendidikan non-formal PAUD DZAKY lahir dari sebuah embrio yang bernama Unit Adz-Dzaky, memulai kiprahnya dalam dunia pendidikan pada tahun 2006 dengan membuka kursus cara cepat belajar membaca latin bagi anak usia pra-sekolah (SD). Adapun metode membaca yang digunakan adalah Metode Cantol Roudhoh, dimana anak diajarkan membaca melalui metode bernyanyi, bermain dan bercerita, lengkap dengan alat peraga edukatif dan koleksi lagu-lagu riang yang dikemas dalam satu VCD, tanpa harus mengeja huruf.

Kemudian dalam perkembangannya, untuk lebih mengoptimalkan potensi anak pada tahun 2007, Unit Adz-Dzaky menawarkan kepada orang tua siswa, mata pelajaran berhitung dengan memakai Metode Berhitung JARIMATIKA, Alhamdulillah mendapat respon yang positif dari masyarakat.

Metode Berhitung Jarimatika adalah sebuah hasil karya Anak Bangsa, yaitu Ibu Septi Peni Wulandari, dengan ide cemerlangnya berhitung menggunakan jari dan ruas jari tangan. Kemudian metode berhitung dengan jari tangan ini lebih dikenal dengan JARIMATIKA yang meliputi 4 operasi dasar matematika, yaitu KaBaTaKu (Kali – Bagi – Tambah – Kurang).

Dengan berjalanya waktu, mengingat dan menimbang adanya tuntutan masyarakat tentang legalisasi Unit Adz-Dzaky dan untuk perkembangan Unit Adz-Dzaky itu sendiri, maka oleh pengelola dirasa perlu untuk mendaftarkan Unit Adz-Dzaky ke lembaga pemerintahan terkait. Alhamdulillah atas ijin Allah dan dukungan dari berbagai pihak ijin penyelenggaraan PAUD Dzaky dikelurakan, dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam No : 129 / 424.1 / PLS / IV / 2008.

Kemudian hal yang paling prinsip dengan adanya perubahan bentuk tersebut, dari bentuk kursus ke bentuk PAUD, maka dari segi biaya akan semakin terjangkau oleh masyarakat. Dengan demikian semakin banyak anak yang bisa mengenyam pendidikan sejak dini, khususnya di Perumahan Bambu Kuning (PUSKOPKAR) dan sekitarnya.

PENTINGNYA PENDIDIKAN ANAK

Anak ibarat mutiara dalam lautan. Setiap orang tua yang melahirkannya sudah pasti akan menjaga, merawat dan mendidik sampai dewasa. Anak adalah pribadi yang unik. Karena anak bukan orang dewasa mini, sebab sangat berbeda dengan kenyataan asli orang dewasa. Anak adalah tetap anak-anak bukan orang dewasa ukuran mini. Anak dalam proses tumbuh kembangnya sangat dipengaruhi oleh orang lain dan lingkungannya.

Kini juga makin disadari bahwa walaupun manusia merupakan makhluk paling sempurna, sesungguhnya manusia sangat lemah pada saat dilahirkan. Walaupun ketika anak lahir telah dibekali dengan modal yang disebut potensi, namun potensi tersebut harus ditumbuh kembangkan dengan stimulasi maksimal (nurture), maka potensi tersebut dapat tumbuh dan berkembang optimal. Sebaliknya jika hanya didasarkan pada perkembangan secara alamiah ( nature ), maka potensi tersebut tumbuh dan berkembang tidak optimal.

Anak adalah pemberian dari Allah, bagi orang-orang yang beriman, mereka menyadari bahwa anak merupakan nikmat dari Allah sekaligus sebagai ujian. Dalam ruku’ dan sujud serta dalam segala munajat, mereka meminta agar dikaruniai keturunan yang baik, yaitu anak-anak yang shalih dan berbakti kepada orang tuanya. Kehadiran anak akan menjadi penyejuk mata orang tua, menjadi penggembira ketika susah, menjadi penghangat ketika kedinginan, serta menjadi penghibur qalbu ketika gundah gulana. Kalimat “Anakku sayang,” akan senantiasa terucap meski sang ibu atau bapak sedang mengalami sakit yang parah atau dalam kerinduan mereka.

Masa depan yang berkualitas tidak datang dengan tiba-tiba, oleh karena itu lewat PAUD kita pasang pondasi yang kuat agar di kemudian hari anak kita bisa berdiri kokoh dan menjadi sosok manusia yang berkualitas.

“Wahai Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami) dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (Al-Furqan: 74)

 

One Response to “Ayo………..sekolah..”

  1. arum darmayanti Says:

    dimana kami bisa joint?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s