Argobel’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

TIPS mEncuci MoBil sendiri November 7, 2008

Filed under: Tips and trik — argobel @ 10:39 pm

Kondisi kendaraan mencerminkan pemakainya. Bisa dibayangkan seperti apa karakter seseorang jika mobil miliknya tampak dekil tak terawat.

cuci1Lebih dari sekedar terlihat kinclong, mobil yang dibersihkan secara teratur akan terhindar dari “pembusukan” sebelum waktunya. Paling enak memang memanfaatkan jasa automated car washes. Namun, Anda harus mengeluarkan biaya ekstra yang mestinya digunakan untuk kebutuhan lain. Di samping itu, kalau salah memilih jasa mencuci mobil, bisa-bisa finish cat akan tergores lapisan wax. Sekali saja lapisan finish itu rusak atau terkelupas, body akan mudah korosi.

Karena itu, mencuci mobil sendiri di rumah adalah langkah terbaik.

Persiapan

  • Gunakan selalu lap katun yang bersih dan lembut. Bisa juga memakai sarung tangan yang dibuat khusus untuk mencuci mobil. Menggunakan lap sembarangan ketika mencuci atau mengeringkan mobil akan menggores permukaan.
  • Parkirlah mobil di tempat teduh dan landai agar air cuci lebih cepat mengalir dan mobil cepat kering.
  • Anda wajib menggunakan deterjen khusus untuk mbil. Ikuti petunjuk pemakaian dan dan perbandingan deterjen dengan air.

cuci2

Pencucian

  • Mulailah dengan mencuci velg. Cairan pembersih bekerja lebih baik pada permukaan yang kering. Semprotkan cairan pembersih seperti petunjuk pemakaian. Bila kotoran masih menepel, gosoklah dengan sikat yang lembut dengan tidak terlalu keras.
  • Jangan lupa membersihkan bagian kolong dan sela-sela velg. Kalau masih ada kotoran yang tersisa gunakan pre-cleaning solution. Tuangkan cairan pada lap dan gosokkan pada kotoran yang menempel. Kotoran yang membandel bisa digosok agak keras. Hati-hati, bila terlalu keras menggosok velg bisa tergores.
  • membersihkan terlebih dahulu debu2 dengan bulu ayam yang menempel untuk mencegah goresan saat menggunakan spon busa.
  • Cara mencuci body yakni dengan menyiram seluruh permukaannya dari atas ke bawah. Lebih baik menggunakan penyemprot air berbentuk pistol yang bisa diatur daya semprotnya. Jangan terlalu kencang menyemprot karena justru akan mendorong kotoran masuk ke dalam lapisan finish.
  • Mencuci kendaraan tidak membutuhkan air yang banyak, yang penting air yang digunakan bersih. Sebelum dicuci, siram dahulu seluruh bagian kendaraan, hal ini akan lebih mudah bila menggunakan selang dengan semprotan.
  • Selanjutnya gunakan shampoo khusus kendaraan untuk mencegah cat menjadi kusam karena penggunaan atau detergen menggunakan asam yang akan membuat cat memudar.
  • Gosok dengan spon atau bahan kaos untuk mencegah goresan, ratakan pada seluruh body mobil kemudian siram dengan air bersih.
  • Untuk mengeringkan mobil, gunakan lap katun yang bersih dan kering atau chamois sintetis. Letakkan lapke permukaan yang akan dikeringkan. Diamkan beberapa saat agar lap/chamois menyerap air. Ganti lap lain dan lakukan cara seperti di atas untuk menyerap air yang tersisa. Jangan mengeringkan dengan cara mengusap.
  • terakhir, lap mobil dengan kain berbahan penyerap air secara merata untuk mencegah bekas air yang menempel.
  • Bukalah pintu-pintu, kap mesin dan bagasi untuk menghilangkan air yang menetes ke dalam.

Selamat mencuci mobil!

 

4 Responses to “TIPS mEncuci MoBil sendiri”

  1. […] TIPS mEncuci MoBil sendiri November 8, 2008 2:56 pm admin Dari Blogger – Agreegator Dari https://argobel.wordpress.com/2008/11/07/tips-mencuci-mobil-sendiri/ […]

  2. aburifqi Says:

    Mas mencuci motor juga dong…Belum punya mobilnya jadi step-stepnya cuman di pikirin doang

  3. Tigis Says:

    kyknya mau buka usaha nyuci bo’il nih pak Argobel🙂

  4. Warung Tips Says:

    To Aburifqi,

    Tips merawat motor bisa dilihat di sini lho

    Monggo…..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s