Argobel’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Belajar Nyetir November 3, 2008

Filed under: intermezo alias kaspothok — argobel @ 10:26 am

Udah seminggu ini saya belajar nyetir mobil di dampingi oleh guru pembimbing yang tak lain adalah kawan se PT juga (istilahnya Datuk Guru), kata orang2 sih dia tu rajanya nyetir kalem alias nyetir halus. Beruntung deh saya…..

corolla86 86supra

Hari pertama diajak latihan dulu di kawasan mitra mall belakang . Stress juga pertama gak bisa maju2 mobil ini, Dasar emang gak pernah nyetir mobil ama sekali sih……….. Waktu itu guru saya menyarankan ngrokok dulu aja supaya pikiran rileks…eh benar juga abis sebatang Dji Sam Soe langsung tuh mobil bisa maju dan mundur . Jadi tambah semangat deh latihannya.

Dua kali latihan di mitra , akhirnya kuputuskan latihan di GOR Temunggung dengan Datuk guru yang berbeda (yang ini alsi padang panjang, tambo ciek). Langsung latihan parkir kebelakang dan berhenti di tanjakan terus maju jalan. Wah keringatan saya di buatnya.

Besok2nya saya bawa sendiri muter2 di komplek kampung dan di jalan raya dekat rumah dulu, seekarang sudah saya bawa kerja ke PT, wah enak juga ya naik mobil sendiri……batu aji2 , langsung………..
oh ya mobil ini dikasih ama teman juga sih…istilahnya tukar guling lah ama motor saya, pertama gak kepikiran sih punya mobil, ngebayang aja sih iya , tapi harga tak terjangkau….eh ujug-ujug ada teman yg nawarin …murah lagi yah………diambil deh. Terima kasih ama teman saya bang Pitoeng si anak betawi.

Dpakah anda2 juga pingin untuk bisa mengemudikan sebuah mobil? jikalau iya silahkan baca tips saya berikut ini:

Persiapan Awal:
Sebelum anda mulai belajar mengemudi, ada baiknya jika anda menyiapkan beberapa hal penting berikut ini, yaitu:
Niat yang kuat
Ingat segala sesuatu itu tergantung pada niatnya, ada baiknya jika anda meluruskan niat terlebih dahulu sebelum memulai. Hehe..

Sebuah Mobil
Terserah bagaimana anda mendapatkannya yang penting memenuhi syarat-syarat seperti: bukan mobil curian, disarankan menggunakan mobil yang masih menggunakan fasilitas kopling (manual),

Seorang Pengajar
Ingat!! orang tersebut harus lah orang yang sudah bisa mengemudi, jangan memilih orang yang sama-sama sedang belajar. Hehehe…

Hari Pertama
Awali hari pertama anda dengan membaca Basmallah. Di hari pertama ini yang anda lakukan adalah memahami kontrol dasar dari setiap fitur dashboard mobil yang ada. Memang setiap mobil berbeda-beda, tapi paling tidak anda mengerti cara menghidupkan dan mematikan mesin, cara menggunakan lampu sen dan lamu hazard, menggunakan lampu utama dan lampu jarak jauh, menjalankan wiper untuk mengatasi hujan, dan sebagainya
Jika sudah paham, sekarang saatnya mempelajari aturan dasar tentang mengemudi. Ada banyak aturan dasar tapi paling tidak anda paham tentang penggunaan jalur kiri dan kanan, etika dalam mendahului, dan arti rambu-rambu lalu lintas yang ada.
Capaian hari pertama ini adalah anda sudah menguasai semua teori tentang dua hal diatas.

Hari Kedua
Saatnya terjun ke lapangan, yup benar-benar ke lapangan. Carilah sebuah lapangan disekitar kompleks rumah anda untuk berlatih maju dan mundur. Tujuannya adalah membiasakan diri anda bermain dengan kopling. Pastikan anda sudah bisa menjalankan mobil dengan halus tanpa getaran mesin yang terasa (apalagi jika mesinnya mati-mati terus). Jika sudah, silahkan keluar dari lapangan dan mulailah menjalankan mobil anda di jalanan kompleks rumah. Biasakan diri anda dengan melakukan perpindahan tingkat kecepatan berulang-ulang (ganti-ganti gigi maksudnya). Latih juga mata anda untuk melihat ke belakang dengan menggunakan kaca spion. Sangat dianjurkan untuk memilih track yang lurus dan datar di hari kedua ini.

Hari Ketiga
Hari ini menunya masih sama dengan hari sebelumnya, bedanya hari ini anda berpindah track (lintasan) dari yang lurus ke yang lebih berbelak-belok. Ok, segera cari lintasan yang berkelak-kelok di kompleks perumahan anda. Jangan meremehkan teknik belok, karena walaupun sederhana teknik ini cukup sulit diimplementasikan dengan sempurna. Yang perlu diperhatikan ketika berbelok adalah jangan sampai mengambil jalan pengemudi lain. Sekedar informasi, belok kanan lebih sulit daripada belok kiri karena hampir bisa dipastikan anda akan memotong jalan pengemudi lain.

Hari Keempat
Sekarang saatnya menanjak, cari tanjakan di sekitar kompleks rumah anda, lalu berlatihlah di sana. Ada dua teknik dalam dalam dunia mengemudi, pertama menggunakan rem tangan, dan yang kedua menggunakan seni permainan kopling. Hari ini adalah hari dimana anda belajar untuk menguasai kedua teknik tersebut. Lakukan di berbagai macam tingkat kecuraman tanjakan dan lakukan variasi menanjak secara maju dan mundur. Ingat!! perhatian juga temperatur mesin mobil anda, karena pada dasarnya fungsi kopling adalah menjaga agar mesin anda tidak mati dan memainkan kopling sama dengan memainkan mesin mobil anda untuk menaik turunkan kinerjanya. Ciri mesin mobil sudah panas adalah asap yang muncul dari kap mesin. Hehehe….

Hari Kelima
Anda sudah menguasai jalan menanjak?? Saatnya belajar memarkir mobil. Yap, teknik yang cukup sulit, hampir sama tingkat kesulitannya dengan menanjak atau bahkan bisa menjadi lebih sulit untuk kondisi tertentu. Pertama pelajari parkir mundur seperti jika memarkirkan mobil di tempat parkir biasa, lakukan dari arah kiri dan kanan. Selanjutnya pelajari teknik parkir horizontal. Teknik parkir ini biasa digunakan jika kita menghadapi tempat parkir yang paralel. Hehe… Jika sudah, lanjutkan dengan kombinasi memarkir dan menanjak, yaitu dengan mencoba memarkir di tanjakan. Capaian hari ini adalah anda sudah menguasai berbagai macam teknik memarkir untuk berbagai macam kasus parkiran yang umum. Hehe…

Hari Keenam
Saatnya turun ke jalan!! Yup, coba keluar dari kompleks rumah anda. Kali ini coba lah menjadikan jalan besar di kota anda sebagai track-nya. Gunakan segenap kemampuan yang telah anda pelajari di hari sebelumnya untuk menaklukan jalanan kota. Hehe… Oiya, jangan lupa pelajari juga cara mengisi bensin yang benar. Biasanya pemula tidak tahu caranya membuka tutup tangki bensin. hehe..

Hari Terakhir
Saatnya kebut-kebutan!! Sejujurnya tidak ada yang harus diajarkan dalam hal mengebut (menjalankan kendaraan denga kecepatan diatas 80 Km/jam) karena memang itu adalah kemampuan natural yang pasti muncul dengan sendirinya di kalangan para pengemudi profesional. Hehe… Hanya saja perhatikan kondisi kendaraan dan kondisi sekitar kendaraan sebelum menggeber mobil anda dengan berkecepatan tinggi. Jalan tol adalah tempat yang tepat untuk mengimplementasikan teknik yang satu ini.

Selamat, Kini anda sudah bisa mengemudi mobil hanya dengan 7 hari. hehehe…

 

5 Responses to “Belajar Nyetir”

  1. […] Belajar Nyetir November 3, 2008 12:09 pm admin Dari Blogger – Agreegator Dari https://argobel.wordpress.com/2008/11/03/belajar-nyetir/ […]

  2. Tigis Says:

    wah gue jg cuman bisa ngebayangin nih buat punya bo’il, apalagi nyetirnya. Punya montor aja belon:mrgreen:

  3. Pak De Says:

    Jangan lupa ngajarin tetangga kalo dah bisa….
    @rgobel: ok, bos,,,,,,,,

  4. aburifqi Says:

    Duh saya juga baru bisa mbayanign punya mobil….
    Lumayan nanti bisa buat mancing bareng kaaan..? :mrgreen:

  5. Umiatha Says:

    Awal belajar mobil,kaki n paha jd sakit.Terlalu capek n tegang sampai kepala pusing.Tp asyik jg sich…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s