Argobel’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Tips menjaga tabung gas October 3, 2008

Filed under: Tips and trik — argobel @ 3:36 pm

Masih ingat gak kita akan peristiwa meledaknya tabung gas beberapa minggu lalu di daerah Baloi batam yang memakan korban luka bakar. Berikut ini langkah2 mengatasi kebocoran tabung gas di rumah anda.

1. Kenali aroma gas yang keluar dari kebocoran. Gas pada tabung tersebut sudah di campur dengan semacam odoran (Zat penimbul bau khusus).Tujuannya agar kita lebih waspada jika kadar gas yg keluar melebihi kapasitasnya.

2. Periksa bagian dari kompor dan tabung gas anda, kebocoran bisa terjadi karena kompor tidak tertutup rapat, selang bocor sambungan selang atau kompor tidak rapat atau regulator tidak bekeja dengan baik.

3. Jangan panik jika mencium aroma gas yang menyengat, segera buka pintu dan jendela lalu cabut regulator yg terpasang dan matikan kran kompor. Hindari menyalakan lilin atau korek api atau rokok ataupun mematikan /menghidupkan saklar listrik karena percikan dapat menimbulakan api.

4. Jika tabung Gas yang bocor , cari dimana bocornya dengan cara seperti tukang tambal ban , dengan menggunakan air sabun di oleskan, akan terlihat gelembung udara yg menunjukkan daerah kebocoran.

5. Jika Api sudah terlanjur menyala, usahakan tidak menyemprot dengan air atau pemadam api yg lain. Cara ini memang bisa mematikan api, tetapi gas yg masih mengalir akan berpotensi meledakkan tabung gas. Jadi cara yg terbaik adalah mematikan aliran gas terlebih dahulu.

6. Agar tabung tidak meledak basahi tabung dengan air atau karung basah.

Waspadalah…waspadalah……waspadalah……..

 

5 Responses to “Tips menjaga tabung gas”

  1. wah sampingan baru lg nih
    @rgobel: ah …gak kok

  2. Yustiadi Says:

    Ngambil photo dimana tuh Id?
    TOP deh..ngepost terus.. rajin-rajin ya.. saya termasuk penggemar postingan anda..lebih natural.. dan mudah dicerna…
    @rgobel: ngambil photonya sembarangan aja , asal comot. Terima kasih atas pujiannya…jarang2 ada yg muji lho. Postingan kamu juga oke, bahasanya juga gaul..men biarpun english

  3. Elys Welt Says:

    bagus sekali nih infonya, trims🙂
    makasih ya dah mampir di blogku
    @rgobel: sama2…

  4. Blogunik Says:

    Wah siip pak sahid, tips yang bermanfaat.
    Ngomong2 tabung elpiji 12kg pertamina berapa pak komandan ?
    @rgobel : aku beli ama kawan 77 ribu, di pasaran 85 ribu katanya, kalu mau hub nih…085760694250 langsung diantar begutu kita matikan telponnya he…he…

  5. Tigis Says:

    kalo dr pelajaran safety dulu ada satu aturan, taruhlah tabung gas di dekat ventilasi udara spt jendela dan pintu yg usahakan slalu terbuka:mrgreen:
    @rgobel: betul itu….wah terlewat tuh….thanks boss..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s