Argobel’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Kelengkeng di rumah ……..nyam..nyamm September 2, 2008

Filed under: Uncategorized — argobel @ 9:50 pm
Tags:


Hmm..hmm…nyam…nyam ….kelengkeng, siapa yang gak kenal buah yang satu ini. Ane punya beberapa pohon lengkeng, satu persis di pojok kanan rumah , yang sekarang lagi berbunga dan mulai kelihatan buah kecilnya.

Pohon lengkeng ane sudah menncapai umur 7 tahunan. Mudah2an bisa cepet di petik hasilnya dalam beberapa bulan kedepan. Menurut literatur yang ada buah lengkeng ini harus ditanam sepasang, jadi bisa menghasilkan bunga jantan dan bunga betina

Pohon nya dapat mencapai tinggi 40 meter dan diameter batangnya hingga sekitar 1 m. Berdaun majemuk, dengan 2-4(-6) pasang anak daun, sebagian besar berbulu rapat pada bagian aksialnya. Tangkai daun 1-20 cm, tangkai anak daun 0,5-3,5 cm. Anak daun bulat memanjang, panjang lk. 1-5 kali lebarnya, bervariasi 3-45 × 1,5-20 cm, mengertas sampai menjangat, dengan bulu-bulu kempa terutama di sebalah bawah di dekat pertulangan daun.

Perbungaan umumnya di ujung, 4-80 cm panjangnya, lebat dengan bulu-bulu kempa, bentuk payung menggarpu. Mahkota bunga lima helai, panjang hingga 6 mm.

Buah bulat, coklat kekuningan, hampir gundul; licin, berbutir-butir, berbintil kasar atau beronak, bergantung pada jenisnya. Daging buah (arilus)tipis berwarna putih dan agak bening. Pembungkus biji berwarna coklat kehitaman, mengkilap. Terkadang berbau agak keras.

Ada beberapa jenis lengkeng, Dimocarpus longan, di antaranya:

Selain lengkeng, jenis-jenis yang lain umumnya hanya diperdagangkan secara lokal.

Buah sebesar biji kelereng ini daging buahnya berwarna agak bening dan banyak mengandung air. Konon, orang dari negeri Jiran akrab menyebutnya ‘mata kucing’, sedangkan di lidah orang Indonesia buah berkulit cokelat ini lebih akrab dengan sebutan buah kelengkeng.

Merupakan buah musiman dengan rasa yang sungguh manis, cocok digunakan sebagai campuran minuman terasa segar dikonsumsi saat hari terasa panas. Apalagi untuk berbuka puasa. wah sue..ger………..tenan

Es Buah

Bahan-bahan :
* 15 buah strawberry dibelah 4 bagian
* 1/2 buah melon dikerok dengan cetakan bulat
* 1/4 buah semangka dikerok dengan cetakan bulat
* 1/2 buah nenas dipotong serasi

* 5 buah kelengkeng yg sudah dikupas
* 1 kaleng jeruk mandarin
* 100 ml sirup jeruk orange
* 250 gr air soda beraroma
* 1 buah jeruk nipis
* 4 sdm gula pasir
* Es batu secukupnya

Cara Membuat:
* Campur semua bahan kecuali air soda, diamkan dalam lemari es selama 30 menit.
* Sebelum dihidangkan tambahkan air soda dan es batu, hidangkan.

Selain itu baik biji kelengkeng maupun daging buahnya, dapat digunakan sebagai penyembuhan penyakit lho …misalnya:

– Biji lengkeng yang mengandung saponin terkadang dimanfaatkan untuk mencuci rambut. Biji, buah, daun dan bunga lengkeng juga digunakan sebagai bahan obat tradisional, terutama dalam ramuan Tiongkok. Daunnya mengandung quercetin dan quercitrin.

– Kayu lengkeng dan kayu bedaro merupakan kayu yang cukup baik untuk konstruksi ringan dalam rumah dan bahan perkakas.

– Untuk luka bakar : Ambil cangkang kelengkeng yang telah dibakar sampai gosong. Tumbuk halus dan campur dengan minyak tung (aleuritis fordii). Kemudian bubuhkan pada bagian yang terbakar. Ramuan ini tidak saja meringankan rasa panas yang menjalar tapi juga luka bakar tanpa meniggalkan bekas.

– Luka borok yang tak kunjung kering
Ambil sedikit cangkang (kulit) lengkeng atau biji bauh, kemudian bakar sampai gosong seperti arang lalu tumbuk halus. Campur dengan minyak zaitun dan sebarkan ke daerah yang luka.

– Untuk pendarahan karena jatuh : Ambil beberapa biji kelengkeng yang telah kering, bakar sampai gosong seperti arang. Lalu tumbuk sampai halus dan sebarkan ke daerah yang luka

oke dech…sekian dulu ya …………..bagi yang ingin melihat2 silahkan datang kapan aja .

 

14 Responses to “Kelengkeng di rumah ……..nyam..nyamm”

  1. Silo Says:

    Hmm lumayan buat buka puasa.
    Artikelnya mirip dari iptek.apiji dalam penjelasan botaninya
    @rgobel: oh ya….terima kasih

  2. Qisthon Says:

    Iki bener Blogè Pak Syahid yo?
    Wah..wahh..ternyata sampeyan kaya akan pengetahuan tanam-tanaman dan buah-buahan🙂
    @rgobel: ah…belum seberapa mas, ini karena hoby and suwun udah mampir ke blog ini.

  3. dewi Says:

    ternyata loe punya kelengkeng toh, minta dong
    @rgobel : mau pohonnya apa buahnya……..?

  4. Ani Says:

    Hmm….saya suka banget lho sama kelengkeng, asal ada yang ngupasin waktu makannya he..he…(dasar malas). Denger2, memelihara pohon kelengkeng agak susah ya, katanya nggak gampang berbuah ?
    @rgobel: menurut literatur memang harus nya pohonnya ditanam sepasang, jadi penyerbukannya sempurna, lha punya ane yg besar cuman satu jadi gak banyak yg jadi…

  5. Ani Says:

    Eh iya, makasih ya sudah mampir dan komen di blog saya, met menjalankan ibadah puasa Ramadhan juga!
    @rgobel : sama…sama…terima kasih mbak…..

  6. Tigis Says:

    ini nih ilmu paling nggegirisi dari cak Argobel. Tiada duanya. Btw, gue koq lupa rasa kelengkeng kyk apa ya
    @rgobel: rasa lengkeng itu manis2 sue….geer……….bos

  7. zepprut Says:

    kan sekarang ada lengkeng jenis unggul, walaupun nanam sebiji bisa berbuah, kalo gak salah lengkeng dataran rendah jenis Diamond river & pingpong (Buah lengkengnya segede bola pingpong), umur berbuahnya pun cepat, kalo bibit langsung dari biji 2-3 thn sudah berbuah.
    @rgobel: iya saya pernah dengar lengkeng pingpong……..wah kalau segede gitu enak gak ya……..

  8. benkz Says:

    apa bener lengkeng pingpong itu sebesaar buah pingpong,trus ada gak jenis lengkeng yang ukurannya lebih besar dari lengkeng pingpong………
    @rgobel: yg pernah saya baca di majalah trubus ada, yg lebih besar dari itu blum ada

  9. herfin Says:

    wah lengkengnya dah buah ya mas, di kembang biakin dong he he he salam kenal
    @rgobel: iya, tapi gak banyak. salam balik

  10. Yudi Says:

    Assalamualaikum mas,
    Pohon klengkengku kok gododnge ada yang kuning, apa kena penyakit. Njuk obat e apa

    Tulung ya pak, dan nek klengkeng diamond karo ping pong bagus mana?

    nuwun mas.

  11. fitriuzi Says:

    bgmn biar lengkeng cepat berbuah

  12. rusdiaji Says:

    salam kenal ,… saya punya lengkeng itoh dalam pot media tanam yang baik dalam pot apa saja campurannya trims..

  13. Bang Muh Says:

    Artikelnya bagus Pak, kalau membtuhkan madu dari nektar bunga kelengkeng silahkan mampir di web kami, http://idherba.com. Benar-benar Asli dan Alami. Terima kasih

  14. andi Says:

    saya punya pupuk yang bisa membuahkan kelengkeng di luar musim… ( di jamin ), kelengkeng harus sepasanag itu mitos mas…, saya udah buktikan di beberapa tempat kelengkeng 1 pohon pun bisa buah………


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s