Argobel’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Ayo………..sekolah.. August 18, 2008

Filed under: Pendidikan — argobel @ 12:39 am

Setahun terakhir ini banyak muncul yang namanya PAUD. Pertama kenal istilah itu terasa asing , hinga suatu hari ada kawan yg membuka sekolah PAUD ini.

Dan gak terasa udah 3 bulan anak saya yang kedua sekolah di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang lokasinya gak jauh dari perumahan komplek elit (baca : ekonomi sulit….) masih didlm komplek perumahan puskopkar.

Alhamdulilah sekarang udah mulai bisa baca kata demi kata.

Wah memang gak nyangka dengan metoda yg digunakan di PAUD tsb rata2 teman2nya pada udah bisa baca biarpun ya ….masih grodal gradul….he…he(ngerti gak….?)

Kata kawan saya itu yg sekaligus sebagai Kepseknya bahwa target satu tahun belajar ank2 sudah bisa CALITUNG ( wah apaan lagi…tuh), alias BAca TuLis dan berhiTUNG tingkat dasar.

Metoda baca di PAUD tsb adalah cantol Roudhoh, yaitu metode yg ngedepankan hafalan, tau khan bahwa usia anak2 adalah usia hafalan yang lagi kuat-kuatnya.

Padahal kalau saya bandingkan dengan kakaknya yang sekolah di TK dulu yg namanye baca tulis itu gak diharuskan bisa. Yang saya tahu TK itu gak ada kurikulum untuk ajar baca tulis,

Tapi runyamnya kalau mau masuk SD yg Swasta dan agak bagusan mutunya , anak harus melalui serangkaian ujian….ya boleh dikatakan test ujian masuk SD. Jadi deh terpaksa kakanya saya masukkan bimbel baca tulis…

Ya…kita khan tahu juga yg namanya bimbel itu beaya mahal….paling gak lebih mahal dari spp sekolahny. Dengan PAUD ini sudah murah meriah plus diajarkan juga tambahn belajar ngaji…total SPPnya ya…sekitar 50 ribuan. Uang pendaftarannya pun gak mahal kok.

Ini foto anakdidik lagi berbaris dan bersenam sebelum masuk kelas , pelajaran disiplin diri, merapatkan barisans, setelah itu ank2 di berikan pertanyaan ringan …untuk memotifasi cara berpikir misalnya di suruh menyebutkan nama2 binatang, hari, bulan dsb. Yang bisa jawag boleh masuk kelas. …….Saya bu guru………………ujar mereka sambil teriak2 …….

photo suasana istirahat sambil bermain, yaa….memang gak luas tempat bermainnya tapi sudah cukup representative dengan jumlah anak didiknya, kalau bisa sih di tambah sarana bermain anak2. Dan menurut informasi sih setiap hari jumat akan ada kelas luar artinya anak diajak belajar sambil bermain bukan di dalam kelas tetapi di tempat terbuka, biasanya menggunakan arena bermain di dalam perumahan itu sendiri….ya itung2 memanfaatkan sarana yang ada gitu……….


Sekilas Profil PAUD Dzaky :

Sebagai salah satu lembaga pendidikan non-formal PAUD DZAKY lahir dari sebuah embrio yang bernama Unit Adz-Dzaky,memulai kiprahnya dalam dunia pendidikan pada tahun 2006 dengan membuka kursus cara cepat belajar membaca latin bagi anak usia pra-sekolah (SD).

Adapun metode membaca yang digunakan adalah Metode Cantol Roudhoh, dimana anak diajarkan membaca melalui metode bernyanyi, bermain dan bercerita, lengkap dengan alat peraga edukatif dan koleksi lagu-lagu riang yang dikemas dalam satu VCD, tanpa harus mengeja huruf.

Kemudian dalam perkembangannya, untuk lebih mengoptimalkan potensi anak pada tahun 2007, Unit Adz-Dzaky menawarkan kepada orang tua siswa, mata pelajaran berhitung dengan memakai Metode Berhitung JARIMATIKA, Alhamdulillah mendapat respon yang positif dari masyarakat.

Metode Berhitung Jarimatika adalah sebuah hasil karya Anak Bangsa, yaitu Ibu Septi Peni Wulandari, dengan ide cemerlangnya berhitung menggunakan jari dan ruas jari tangan. Kemudian metode berhitung dengan jari tangan ini lebih dikenal dengan JARIMATIKA yang meliputi 4 operasi dasar matematika, yaitu KaBaTaKu (Kali – Bagi – Tambah – Kurang).

Dengan berjalanya waktu, mengingat dan menimbang adanya tuntutan masyarakat tentang legalisasi Unit Adz-Dzaky dan untuk perkembangan Unit Adz-Dzaky itu sendiri, maka oleh pengelola dirasa perlu untuk mendaftarkan Unit Adz-Dzaky ke lembaga pemerintahan terkait. Alhamdulillah atas ijin Allah dan dukungan dari berbagai pihak ijin penyelenggaraan PAUD Dzaky dikelurakan, dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam No : 129 / 424.1 / PLS / IV / 2008.

Kemudian hal yang paling prinsip dengan adanya perubahan bentuk tersebut, dari bentuk kursus ke bentuk PAUD, maka dari segi biaya akan semakin terjangkau oleh masyarakat. Dengan demikian semakin banyak anak yang bisa mengenyam pendidikan sejak dini, khususnya di Perumahan Bambu Kuning (PUSKOPKAR) dan sekitarnya.

 

3 Responses to “Ayo………..sekolah..”

  1. Tigis Says:

    bagus jg, bisa jadi alternatif pendidikan murah. Siapa tau nanti sampe jenjang sma pun ada yg model begini dgn status disamakan🙂
    @rgobel : bisa aja….kalo bung Tigis berminat jadi donatur tunggal……….he….he….otak bisnisnya keluar

  2. Ahmad Says:

    Pak Argobel..ini pak Iwan kan ? selamat juga buat PAUD nya..
    @rgobel : Bukan pak…Pak iwan ada sendiri blog-nya http://redonebatam.wordpress.com/, terima kasih udah mampir ke sini

  3. Ahmad Says:

    terima kasih pak info nya…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s