Argobel’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

BONEX tempoe doeloe August 12, 2008

Filed under: Uncategorized — argobel @ 12:01 pm
Tags:

Article ini tak singgung sedikit , masalah nya aku rindu dengan kampung halaman, yang semasa kecil dulu juga bagian dari para bonex yg disebut BONEX’er.

Kalau Dulu sebelum persebaya main di kandang sendiri yakni GELORA tambak sari, para bonex cilik sudah berkumpul jam 1 siang , muka sudah di coreng moreng warna hijau khas warna kebanggaan PERSEBAYA.

Bendera kesebelasan sudah di siapkan didepan rumah , tinggal dibawa sebentar lagi. Berangkatpun tanpa ongkos tuk naik angkot (dulu namanya Bemo) alias Nggandol istilah arekx2 bonex,.

Mau gak mau sopir pick up yg jadi incaran harus mengantar walaupun tidak satu tujuan, dari pada kaca mobil pecah semua.Kalau disana anak kecil sudah pinter nggandol lho….tapi aku pernah jatuh juga dan kuapok gak mau nggandolx2 lagi.

Pertandingan biasanya sore hari menjelang jam 16.00WIB,

Banyak para bonex yg gak beli karcis (karna gak ada duit) dengan semangat Bung Tomo langsung memanjat stadion yg begitu tinngi dengan kemiringan yg wah gila ….gak bisa dibayangkan.

Hanya dengan seutas tali aja mereka nekat,…..benar-benar eudan…

Yang gak berani naik lewat tali ya…gedor gedor pintu besar….sampaix2 pintu tsb roboh…..

Dan trragisnya lagi ,kalu kalah wah supporter bonex baik ntua , remaja , anak kecil pada ngamuk. Ini yg bikin wajah persepak bolaan indonesia tercoreng. Pernah saya samopi gak bisa pulang karena macet akibat tawuran dari suporter Persebaya dengan Suporter AREMA. Banyak bakul Baso AREMA yg kena getahnya dan mobil plat nomer N yg diincar para bonek.

Tapi sekarang sudah terorganisir dengan baik dengan didirikannya wadah supprter Persebaya, mau liat websitenya http://bonex-cyber.web.id/

Dan ini website khusus para bonex mania http://www.bonek.org

Waktu masih selkolah di STM pernah diajak ke Jakarta AMA TEMAN dirumah nonton bareng Final Persebaya melawan ,,,,lupa aku……dengan hanya bekal ongkos Rp5.000,- . Dengan ongkos segitu emang gak cukup tuk ongkos apalagi makan…Ya tapi itulah para BONEX

Sedikit ulasan/profile dari bonek :

Istilah Bonek, bahasa Yunani dari Bondho Nekat (Bondho dengkul alias gak modal blasss), biasanya ditujukan kepada sekelompok pendukung atau suporter kesebelasan Persebaya Surabaya, walaupun ada nama kelompok resmi pendukung kesebelasan ini yaitu Yayasan Suporter Surabaya (YSS). Di persepak bolaan Indonesia, bonek banyak digambarkan sebagai pendukung yang sering membuat kerusuhan, dari mulai tidak membayar tiket kereta api, sampai bentrok dengan aparat keamanan dan pendukung kesebelasan lawan.

Istilah bonek pertama kali dimunculkan oleh Harian Pagi Jawa Pos tahun 1989,untuk menggambarkan fenomena suporter Persebaya yang berbondong-bondong ke Jakarta dalam jumlah besar. Secara tradisional, Bonek adalah suporter pertama di Indonesia yang mentradisikan away supporters (pendukung sepak bola yang mengiringi tim pujannya bertandang ke kota lain) seperti di Eropa.Dalam perkembangannya, ternyata away supporters juga diiringi aksi perkelahian dengan suporter tim lawan. Tidak ada yang tahu asal-usul, Bonek menjadi radikal dan anarkis. Jika mengacu tahun 1988, saat 25 ribu Bonek berangkat dari Surabaya ke Jakarta untuk menonton final Persebaya – Persija, tidak ada kerusuhan apapun.

Secara tradisional, Bonek memiliki lawan-lawan, sebagaimana layaknya suporter di luar negeri. Saat era perserikatan, lawan tradisional Bonek adalah suporter PSIS Semarang dan Bobotoh Bandung. Di era Liga Indonesia, lawan tradisional itu adalah Aremania Malang, The Jak suporter Persija, dan Macz Man fans PSM Makassar. Di era Ligina, Bonek justru bisa berdamai dengan Bobotoh Persib Bandung dan Suporter PSIS Semarang.

Beberapa peristiwa kekacauan yang disebabkan “Bonek mania” antara lain adalah

1.Kerusuhan pada pertandingan Copa Dji Sam Soe antara Persebaya Surabaya melawan Arema Malang pada 4 September 2006 di Stadion 10 November, Tambaksari, Surabaya. Selain menghancurkan kaca-kaca di dalam stadion, para pendukung Persebaya ini juga membakar sejumlah mobil yang berada di luar stadion antara lain mobil stasiun televisi milik ANTV, mobil milik Telkom, sebuah mobil milik TNI Angkatan Laut, sebuah ambulans dan sebuah mobil umum. Sementara puluhan mobil lainnya rusak berat. Atas kejadian ini Komisi Disiplin PSSI menjatuhkan hukuman (sebelum banding) dilarang bertanding di Jawa Timur selama setahun kepada Persebaya, kemudian larangan memasuki stadion manapun di seluruh Indonesia kepada para bonek selama tiga tahun.

2. Sekitar Agustus 2006, bonek dijatuhi sanksi lima kali tidak boleh mendampingi timnya saat pertandingan away menyusul ulah mereka yang memasuki lapangan pertandingan sewaktu Persebaya menghadapi Persis Solo di final divisi satu. Ironisnya, tahun 2005, Persebaya justru rela dihukum terdegradasi ke divisi satu gara-gara mundur di babak 8 besar. Pihak klub beralasan untuk melindungi bonek agar tidak disakiti.

Viva Persebaya……Bravo BONEX’er

 

8 Responses to “BONEX tempoe doeloe”

  1. Tigis Says:

    wah ternyata mantan bonek ya🙂 Kalo gue biasanya bonek tiap akhir bulan. Eh, itu bokek ding:mrgreen:
    @argobel : wah ..ketahuan nehh….

  2. p3durungan Says:

    Nah salah satu contoh mentalitas bangsa tercermin disini. BONEK sangat lekat erat dengan sepakbola, bahkan bisa dibilang tiada sepakbola tanpa bonek.
    @rgobel : Yah….begitulah Cak…..

  3. Santriono Says:

    Waah nggak sak lawase ngono cak. Yo ono masa keemasan yaitu sekitar tahun 1988/1989 suporter persebaya nate brangkat tre tet..tet.. carter pesawat terbang, bis bisnis/eksekutif luwih soko 20-an, lah nek ekonomi yo carter sepur, mangkate wengi.
    @rgobel: iku supporter bonex sugih cak….bayangkan naik pesawat ke jakarta aja taon segitu khan mahal…he…he…., tapi kita juga ingin agar para bonex itu tertib dan cinta damai,,peace…man….

  4. arema tuwek2 elek2 jancokkkkkkkkkkkkkkkkkkkk arema deso banget coookkkkkkkkkkkkkkk

  5. darma Says:

    bonek emang tiada lawan…………..bravo ijo,smga sukses bwt persebaya q!!!!!!!!!!!!!
    mati orep q te2p bonek
    by bonek ARK,surabaya barat

  6. bonex cirebon Says:

    walaupun bonex tak punya ongkos
    tapi tetap ingin slslu mendukung tim
    kesukaan kita bersama persebaya
    maju bonex mania bajur ijo
    the jack anjing
    la maniak
    arema macan ompong

  7. arif Says:

    Titip salam buat bonek seindonesia arema jancok

  8. m Iqbal Says:

    bonek jadi kayak gitu karena loyal terhadap persebaya kemana pun harus ada??/ ngak tau lagi kalau main d papuanhayo wani ngak


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s